Rezeki Dijemput, Berkah Dicari!

Rezeki bisa dijemput. Keberkahan dalam menjemputnya harus dicari. Kalau berkah itu berarti adanya tambahan kebaikan ke dalamnya, maka proses penjemputan rezeki pertama-tama harus bersih dari segala bentuk hal yang dilarang oleh syariat-Nya. Setelah itu, agar keberkahan turun, proses penjemputan rezeki pun perlu digulirkan di atas lintasan ikhtiar yang disukai-Nya.

*

Sebagai seorang desainer grafis, jujur saja saya sulit sekali lepas dari yang namanya CorelDRAW, Photoshop, Illustrator, dan cucu-cucunya. Atau dalam kaitannya dengan kebutuhan kantoran, saya pun sulit untuk lepas dari ketergantungan terhadap microsoft office. Oke lah kalau selama ini itu semua digunakan untuk belajar. Saya kadang menghibur diri dengan, “mungkin ada rukhshah/keringanan kalau untuk belajar mah“. Akan tetapi, tantangan datang saat saya mulai buka lapak usaha yang saya membutuhkan perangkat-perangkat lunak tersebut.

Halal kah usaha saya kalau pakai software crack-an? Kira-kira Allah suka atau gak suka ya kalau saya menjemput rezeki pakai software crack-an? Bukankah doa seseorang yang masuk ke dalam tubuhnya sesuatu yang haram itu tertolak? Baiklah, agaknya saya memang hanya punya dua pilihan: membeli lisensinya, atau meninggalkannya.

Saya pun langung surfing sana-sini, mencari tahu harga lisensi tiap software grafis yang saya gunakan –alhamdulillah, kalau OS Windows mah sudah dapat lisensinya sewaktu kuliah, gratis dari kampus. Dan, JEGER!!! Lumayan kaget lihat harga lisensinya untuk ukuran tebal kantong saat ini. CorelDRAW X7 sekitar Rp8jt++ (seumur hidup), Photoshop CC Rp3jt++ (per tahun), dst. Saya cuma bisa menghela nafas.

*

Allah pasti tahu maksud baik hamba-Nya. Sekarang mah, sambil nabung, saya mau belajar membiasakan pakai softwere pengantinya saja. Atau kalau mentok banget, barulah ngotak-ngatik pake trial version-nya. Bismaillah saja dah..

Published by

YsGunawan

Interested in art, design, & all about Quran.

2 thoughts on “Rezeki Dijemput, Berkah Dicari!”

Leave a Reply

