Mendaki

image

Kita ini seperti orang yang hendak mendaki gunung untuk pertama kalinya. Gunung yang kita tidak tahu berapa ketinggiannya. Gunung yang belum pernah didaki sebelumnya. Darinya kita tak bisa menebak berapa waktu tempuhnya.

Perbekalan yang jelas kita punya adalah keyakinan, bahwa kita bisa minginjak puncak tertingginya. Selebihnya, kita ambil kanan-kiri apa yang ada. Kita hanya bisa meraba-raba apa yang seharusnya kita lakukan. Tanya depan belakang agar kelak tak salah pijakan. Sebab lihat saja, di depan jalannya gelap, sangat gelap. Satu-satunya pilihan adalah memberanikan diri membuka jalan.

Mungkin di depan kita ada jurang. Dengannya, kita siapkan segala antisipasi. Mungkin saja jalan yang kita buka mentok di tebing curam. Artinya, kapanpun kita harus siapkan pijakan kaki. Karena memanjatnya akan menjadi pilihan, dari pada balik kanan kembali ke belakang.

Saat diminta mengehntikan dakwahnya dengan berbagai cara, Rasul berkata yang kurang lebih maknanya:

“Andai matahari diletakan di tangan kananku, dan bulan di tangan kiriku, aku tidak akan berhenti menyampaikan risalah ini. Sampai aku memenangkannya, atau mati karenanya.”

Maka saat perjalanan ini harus dimulai, mari kita katakan

“Andai kemuliaan ini ada diujung langit sana, akan ku daki gunung tertinggi dan kukaitkan tali hingga aku bisa memanjatnya. Andai ia berada di dasar lautan, akan ku selami ia sampai titik terdalam dengan penuh keyakinan tanpa keraguan.

Tangan bergenggam tangan. Langkahkan kaki ke hadapan. Kita tebus kejayaannya, atau mati dalam memenangkannya.”

#TahunPertaruhan #TahunPembuktian

*Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-temen seperjuangan, pengurus IQF. Ust. Izhar, Ibnu, Ust. Hasan, Fakhril, Ratna, Zain, Ust. Sulaiman, Lingling, Atikah, & para musyrif-musyrifah*

Published by

YsGunawan

Interested in art, design, & all about Quran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s